Penelitian Sejarah
PENELITIAN SEJARAH
A.
PENGERTIAN
PENELITIAN SEJARAH
Penelitiansejarahadalahcarapengumpulan data yang
sitematisdenganpenilaianatauevaluasi yang obyektifterhadap data yang
berkaitandengankejadian-kejadian di masalampauuntukmengujikebenaranhipotesis
yang berkaitandengansebabakibatataukecenderungankejadian-kejadian yang
dapatmembantumenggambarkanataumenerangkankejadianmasakinidanmengantisipasikejadian
di masa yang akandatang.
Salah satujenispenelitian yang
mempunyaiperanpentingdalamkehidupanmanusiaadalahpenelitiansejarah.
Langkah yang harusdiikutidalammelaksanakanpenelitiansejarahpadapokoknyasamasepertijenispenelitian
yang lain yaitu: pendefinisianmasalah, perumusanhipotesis (ataupertanyaan yang
harusdijawab), pengumpulan data secarasistematis, evaluasi data secaraobyektif,
dankonfirmasidarihipotesis.
Penelitiansejarahmerupakansalahsatupenelitianmengenaipengumpulandanevaluasi
data secarasistematikberkaitandengankejadianmasalaluuntukmengujihipotesis yang
berhubungandenganpenyebab, pengaruh, atauperkembangankejadian yang
mungkinmembantudenganmemberikaninformasipadakejadiansekarangdanmengantisipasikejadian
yang akandatan.
Penelitiansejarahjugadapatdigunakanuntukmembantuberpikirkembalipadakeadaanmasalampau,
karenabeberapaalasan.
1. Ilmupengetahuansecarapraktisdapatlebihbaikdimengertimelaluibelajardaripengelamanmasyarakat
yang lalu.
2. Polapikir,
strategi, dantindakanmasyarakatsekarangmasihbanyak yang
menggunkanperistiwamasalampaubaiksecara total ditiru,
danatausebagiandimodifikasiuntukmemecahkanpermasalahan yang
dialamiolehmasyarakatsekarang.
3. Masalahtertentudalamduniapendidikanmasihmempunyairelevansidanhiduppadamasasekarang.
Cakupandansasaranpenelitiansejarahsebenarnyadapatluas,
termasukkehidupanseseorang, gagasanbersamakelompokmasyarakat, pergerakan
social, perkembanganinstitusidankehidupanmasyarakatmasalampau.
Penelitiansejarahakanmemperolehmanfaatmaksimal,
apabiladigunakanuntuktujuanmenjawabhipotesispenelitian yang
diajukanpenelitidanmerekonstruksikembaliperistiwadankehidupanmasa-lampaudengantepatdanobjektif,
melaluiusahapenelitiuntukmerelokasi, mengevaluasi, danmenginterpretasi data
dimanakitadapatbelajartentangmasalalu.
Sayangnyadimasyarakatkita,
penelitiansejarahpadabidangpendidikanmaupunbidanglain, misalnyaekonomidan
social masihcenderungdiabaikan.
Kenyataannya yang
merugikanperkembanganpenelitiansejarahdimasyarakatadalahbahwasampaisekarangpenelitiansejarahmasihmenimbulkan
pro dankontra di antaraparaahlipenelitisendiri. Para ahli yang
kontraterhadappenelitiansejarah, mempunyaialasan di antaranyasepertiberikut:
1. Hasilpenelitiantidakberakhirpadageneralisasi
2. Penelitiansejarahlebihmengandalkanlaporandankesaksian
orang lain atau data sekunder
3. Penelitiansejarahlebihmendekatikepadaproblem solving
4. Penelitiantidakberlangsungdalam
system tertutupdanpenelititidakdapatmemanipulasi variable
Sedangkanparapeneliti yang mendukung,
penelitiansejarahdapatdisejajarkandenganmetodepenelitianlain,
karenabeberapaalasan yang di antaranya, yaitusebagaiberikut:
1. Penelitiansejarahmempunyaitujuan,
enelitiansejarahjugaberawaldariadanyapermasalahan yang signifikan,
pengajuanhipotesis yang harusdiuji di lapangan.
2. Proses
yang harusditempuhdalampenelitiansejarahjugasamaseperti yang
dilakukandalampenelitian lain.
3. Penelitiansejarahjugamempunyaimanfaatbagimasyarakat
yang mempelajarinya.
4. Kelemahandalampenelitiansejarahjugadimilikiolehmetodepenelitianlainnya.
B.
SUMBER-SUMBER
DATA DALAM PENELITIAN SEJARAH
Beberapasumber-sumber data di antaranya:
1. Sumber-sumber
primer
2. Sumberinformasisekunder
C.
BEBERAPA
ISTILAH DALAM PENELITIAN SEJARAH
Beberapabatasanoperasionaldalampenelitiansejarahantara
lain:
1. Buktisejarah
2. Kritikeksternal
3. Kritik
internal
D.
LANGKAH-LANGKAH
PENELITIAN SEJARAH
Langkah-langkahpenelitiansejarahmencakupbeberapalangkahpenting,
sepertiberikut:
1. Menentukanpermasalahanpenelitian
yang diharapkanmempunyaimanfaatganda.
2. Menyatakantujuanpenelitian.
3. Mengumpulkan
data termasuk di dalamnyamenetapkanpopulasi, besarnyasampel,
danmetodepengumpulan data.
4. Evaluasi
data denganmenggunakankritikeksternalmaupunkritik internal.
5. Melaporkanhasilpenelitiankepadamasyarakat.
E.
PENDEFINISIAN
MASALAH PENELITIAN SEJARAH
Tujuanpenelitiansejarahharusmenerangkanataumembuatprakiraan;
tidakmembicarakankembalimasalah yang
diselidikiolehpenelitipadapokoknyaterbataspada data yang sudahada.
F.
PENGUMPULAN
DATA PENELITIAN SEJARAH
Padapenelitiansejarah, tinjauanliteraturdanprosedurpenelitianadalahmenjadisuatubagian.
Suatupenelitiansejarahmungkinmelibatkanwawancaradengan
orang yang ambilbagiandalamsuatukejadianatau proses yang sedangdiselidiki,
jikaitumemungkinkan.
Suatukritik yang
seringterjadidalampenelitiansejarahadalahterlalubanyaktergantungpadasumbersekunder.
G.
ANALISIS
DATA PENELITIAN SEJARAH
Padapenelitiansejarah,
sumber-sumbermunculsecarabebasdaripenyelidikan yang sedangdilaksanakan.
H.
SINTESIS
DATA PENELITIAN SEJARAH
Kritikpadapenelitiansejarah, pertanyaanmengenaivaliditasgeneralisasiberdasarkanperistiwa-peristiwa
yang samasekalitidakbiasaditiru. Karenapenyimpulan data
penelitiansejarahlebihmelibatkananalisis yang masukakalbukananalisisstatistika,
penelitianharusbersikapseobjektifmungkin.
I.
CONTOH
PENELITIAN SEJARAH
Hipotesisjugabisadirumuskandalampenelitiansejarahpendidikan.Beberapacontohnyaadalah:
1. Inovasipendidikantahun
1950-andantahun 60-an di AmerikaSerikatdidasarkanataspraktek-praktek yang
sebelumyasudahdicobakan.
2. Negara-negara
Kristen yang system pendidikannyamenuntutadanyapengajaran agama.
3. Melakukanpenelitiansejarahdapatmenjadipenuhtantangandanperburuan/pelacakan
yang menarik.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda