Jumat, 11 April 2014

Penelitian Sejarah

PENELITIAN SEJARAH

A.      PENGERTIAN PENELITIAN SEJARAH
Penelitiansejarahadalahcarapengumpulan data yang sitematisdenganpenilaianatauevaluasi yang obyektifterhadap data yang berkaitandengankejadian-kejadian di masalampauuntukmengujikebenaranhipotesis yang berkaitandengansebabakibatataukecenderungankejadian-kejadian yang dapatmembantumenggambarkanataumenerangkankejadianmasakinidanmengantisipasikejadian di masa yang akandatang.
Salah satujenispenelitian yang mempunyaiperanpentingdalamkehidupanmanusiaadalahpenelitiansejarah.
Langkah yang harusdiikutidalammelaksanakanpenelitiansejarahpadapokoknyasamasepertijenispenelitian yang lain yaitu: pendefinisianmasalah, perumusanhipotesis (ataupertanyaan yang harusdijawab), pengumpulan data secarasistematis, evaluasi data secaraobyektif, dankonfirmasidarihipotesis.
Penelitiansejarahmerupakansalahsatupenelitianmengenaipengumpulandanevaluasi data secarasistematikberkaitandengankejadianmasalaluuntukmengujihipotesis yang berhubungandenganpenyebab, pengaruh, atauperkembangankejadian yang mungkinmembantudenganmemberikaninformasipadakejadiansekarangdanmengantisipasikejadian yang akandatan.
Penelitiansejarahjugadapatdigunakanuntukmembantuberpikirkembalipadakeadaanmasalampau, karenabeberapaalasan.
1.      Ilmupengetahuansecarapraktisdapatlebihbaikdimengertimelaluibelajardaripengelamanmasyarakat yang lalu.
2.      Polapikir, strategi, dantindakanmasyarakatsekarangmasihbanyak yang menggunkanperistiwamasalampaubaiksecara total ditiru, danatausebagiandimodifikasiuntukmemecahkanpermasalahan yang dialamiolehmasyarakatsekarang.
3.      Masalahtertentudalamduniapendidikanmasihmempunyairelevansidanhiduppadamasasekarang.
Cakupandansasaranpenelitiansejarahsebenarnyadapatluas, termasukkehidupanseseorang, gagasanbersamakelompokmasyarakat, pergerakan social, perkembanganinstitusidankehidupanmasyarakatmasalampau.
Penelitiansejarahakanmemperolehmanfaatmaksimal, apabiladigunakanuntuktujuanmenjawabhipotesispenelitian yang diajukanpenelitidanmerekonstruksikembaliperistiwadankehidupanmasa-lampaudengantepatdanobjektif, melaluiusahapenelitiuntukmerelokasi, mengevaluasi, danmenginterpretasi data dimanakitadapatbelajartentangmasalalu.
Sayangnyadimasyarakatkita, penelitiansejarahpadabidangpendidikanmaupunbidanglain, misalnyaekonomidan social masihcenderungdiabaikan.
Kenyataannya yang merugikanperkembanganpenelitiansejarahdimasyarakatadalahbahwasampaisekarangpenelitiansejarahmasihmenimbulkan pro dankontra di antaraparaahlipenelitisendiri. Para ahli yang kontraterhadappenelitiansejarah, mempunyaialasan di antaranyasepertiberikut:
1.      Hasilpenelitiantidakberakhirpadageneralisasi
2.      Penelitiansejarahlebihmengandalkanlaporandankesaksian orang lain atau data sekunder
3.      Penelitiansejarahlebihmendekatikepadaproblem solving
4.      Penelitiantidakberlangsungdalam system tertutupdanpenelititidakdapatmemanipulasi variable
Sedangkanparapeneliti yang mendukung, penelitiansejarahdapatdisejajarkandenganmetodepenelitianlain, karenabeberapaalasan yang di antaranya, yaitusebagaiberikut:
1.      Penelitiansejarahmempunyaitujuan, enelitiansejarahjugaberawaldariadanyapermasalahan yang signifikan, pengajuanhipotesis yang harusdiuji di lapangan.
2.      Proses yang harusditempuhdalampenelitiansejarahjugasamaseperti yang dilakukandalampenelitian lain.
3.      Penelitiansejarahjugamempunyaimanfaatbagimasyarakat yang mempelajarinya.
4.      Kelemahandalampenelitiansejarahjugadimilikiolehmetodepenelitianlainnya.

B.       SUMBER-SUMBER DATA DALAM PENELITIAN SEJARAH
Beberapasumber-sumber data di antaranya:
1.      Sumber-sumber primer
2.      Sumberinformasisekunder

C.      BEBERAPA ISTILAH DALAM PENELITIAN SEJARAH
Beberapabatasanoperasionaldalampenelitiansejarahantara lain:
1.      Buktisejarah
2.      Kritikeksternal
3.      Kritik internal

D.      LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SEJARAH
Langkah-langkahpenelitiansejarahmencakupbeberapalangkahpenting, sepertiberikut:
1.      Menentukanpermasalahanpenelitian yang diharapkanmempunyaimanfaatganda.
2.      Menyatakantujuanpenelitian.
3.      Mengumpulkan data termasuk di dalamnyamenetapkanpopulasi, besarnyasampel, danmetodepengumpulan data.
4.      Evaluasi data denganmenggunakankritikeksternalmaupunkritik internal.
5.      Melaporkanhasilpenelitiankepadamasyarakat.

E.       PENDEFINISIAN MASALAH PENELITIAN SEJARAH
Tujuanpenelitiansejarahharusmenerangkanataumembuatprakiraan; tidakmembicarakankembalimasalah yang diselidikiolehpenelitipadapokoknyaterbataspada data yang sudahada.

F.       PENGUMPULAN DATA PENELITIAN SEJARAH
Padapenelitiansejarah, tinjauanliteraturdanprosedurpenelitianadalahmenjadisuatubagian.
Suatupenelitiansejarahmungkinmelibatkanwawancaradengan orang yang ambilbagiandalamsuatukejadianatau proses yang sedangdiselidiki, jikaitumemungkinkan.
Suatukritik yang seringterjadidalampenelitiansejarahadalahterlalubanyaktergantungpadasumbersekunder.

G.      ANALISIS DATA PENELITIAN SEJARAH
Padapenelitiansejarah, sumber-sumbermunculsecarabebasdaripenyelidikan yang sedangdilaksanakan.

H.      SINTESIS DATA PENELITIAN SEJARAH
Kritikpadapenelitiansejarah, pertanyaanmengenaivaliditasgeneralisasiberdasarkanperistiwa-peristiwa yang samasekalitidakbiasaditiru. Karenapenyimpulan data penelitiansejarahlebihmelibatkananalisis yang masukakalbukananalisisstatistika, penelitianharusbersikapseobjektifmungkin.

I.         CONTOH PENELITIAN SEJARAH
Hipotesisjugabisadirumuskandalampenelitiansejarahpendidikan.Beberapacontohnyaadalah:
1.      Inovasipendidikantahun 1950-andantahun 60-an di AmerikaSerikatdidasarkanataspraktek-praktek yang sebelumyasudahdicobakan.
2.      Negara-negara Kristen yang system pendidikannyamenuntutadanyapengajaran agama.

3.      Melakukanpenelitiansejarahdapatmenjadipenuhtantangandanperburuan/pelacakan yang menarik.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda