Jumat, 11 April 2014

Penelitian dan Pengembangan

PENELITIAN PENGEMBANGAN

A.Pengertian penelitian pengembangan

            Sugiono (2011) Penelitian pengembangan disebut sebagai penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Daring, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau untuk menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum,  sedangkan pengembangan adalah proses atau cara yang dilakukan untuk mengembangkan suatu menjadi baik atau sempurna.
            Kalau digabungkan penelitian dan pengembangan  dapat diartikan bahwa suatu kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif yangdisertai dengan kegiatan pengembangan suatu produk untuk memecahkan suatu persoalan  yang dihadapi. Sugiono (2011) juga mengatakan penelitian pengembangan merupakan metode penelitian yang dugunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Secara garis besar penelitian pengembangan dimulai dengan penelitian dalam skala kecil yang bisa dalam bentuk pengumpulan data terhadap permasalahan yang dihadapi dan ingin mencari solusinya (Sumarno, 2012).
            Dari penelitian hasil awal itu dijadikan acuan untuk melakukan sebuah produk. Pada proses pengembangan, peneliti tetap melakukan observasi dari perancang produk  tersebut di lapangan. Maka dapat dikatakan penelitian pengembangan mencakup evaluasi, sumatif, dan konfirmatif. Akker (1999)  menyatakan bahwa penelitian pengembangan telah digunakan untuk merujuk berbagai jenis pendekatan penelitian yang dikaitkan dengan pekerjaan desain dan pengembangan.
            Menurut Akker (1999) tujuan  dari penelitian pengembangan dibedakan menjadi:
1.      Bagian kurikulum
Menginformasikan proses pengambilan keputusan sepanjang pengembangan suatu produk/program untuk  meningkatkan produk menjadi berkembang  dan produk tersebut berkembang untuk menciptakan berbagai hal dari jenis ini pada situasi ke depan.
2.      Bagi teknologi dan media
Meningkatkan rancangan petunjuk, pengembangan, dan evaluasi yang didasarkan pada situasi pemecahan masalah.
3.      Bagi pelajaran dan petunjuk (intruksi)
Untuk pengembangan rancangan dalam lingkungan pembelajaran, perumusan kurikulum, penaksiran keberhasilan dari pengamatan dan pelajaran.
4.      Bagi pendidikan guru
Untuk guru bemberikan kontribusi pembelajaran keprofesionalan para guru atau untuk penyempurnaan pada bidang pendidikan. 

Jenis penelitian yang utama pada penelitian pengembangan  (Akker,1999) antara lain:
1.      Penelitian formatif
Kegiatan penelitian ketika melakukan keseluruhan proses pengembangan intervensi yang spesifik mulai dari penyelidikan belajar atau evaluas belajar (summatif dan formatif), untuk mengoptimalkan mutu penggujian prinsip-prinsip rancangan.
2.      Studi rekontruksi
Analisis penelitian yang menyelenggarakan proses pengembangan beberapa bertanyaan tentang spesifikasi prinsip-prinsip rancangan.













Dalam penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk dalam bidang pendidikan, administrasi dan sosial lainnya masih sangat rendah. Padahal banyak produk yang bisa dihasilkan dari penelitian dan pengembangan. Pada kesempatan ini diberikan contoh metode penelitian dan pengembangan yang dapat digunakan untuk penelitian sosial, khususnya pendidikan.     
B. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan
1. Potensi dan Masalah
2. Mengumpulkan Informasi
3. Desain Produk
4.Validasi Desain
5. Perbaikan Desain
6. Uji Coba Produk
7. Revisi Produk
8. Uji Coba Pemakaian
9. Revisi Produk
10. Pembuatan Produk Masal
11. Laporan Penelitian R&D

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN R&D

HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABLE

BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan
D.    Manfaat

BAB II. LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A.    Deskripsi Teori
B.     Kerangka Berpikir
C.     Hipotesis (produk yang akan dihasilkan)

BAB III. PROSEDUR PENELITIAN
A.    Langkah-Langkah Penelitian
B.     Metode Penelitian Tahap I
1.      Populasi sampel sumber data
2.      Teknik Pengumpulan Data
3.      Instrumen Penelitian
4.      Analisis Data
5.      Perencanaan Desain Produk
6.      Validasi Desain
C.     Metode Penelitian Tahap II
1.      Model Rancangan Eksperimen untuk Menguji Produk yang telah dirancang
2.      Populasi dan Sampel
3.      Teknik Pengumpulan Data
4.      Instrumen Penelitian
5.      Teknik Analisis Data









BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Desain Awal Produk (gambar dan penjelasan)
B.     Hasil Pengujian Pertama
C.     Revisi Produk (gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
D.    Hasil Pengujian Tahap II
E.     Revisi Produk (gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
F.      Penyempurnaan produk
G.    Pembahasan Produk
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN PENGGUNAANNYA
A.    Kesimpulan
B.     Saran Penggunaannya


DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK YANG DIHASILKANBERIKUT BUKU PENJELASANNYA



Contoh Judul penelitian R&D
1.      Pengembangan Pembelajaran dengan Mendayagunakan Anak Yang Cerdas di Kelas VIII Pada SMPN 19 Kota Bengkulu
2.      Pengembangan Sistem Manajemen Pendidikan Berbasis Kemajuan


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda