Penelitian dan Pengembangan
PENELITIAN
PENGEMBANGAN
A.Pengertian penelitian pengembangan
Sugiono
(2011) Penelitian pengembangan disebut sebagai penelitian dan pengembangan
(research and development). Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Daring,
penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan penyajian
data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu
persoalan atau untuk menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan
prinsip-prinsip umum, sedangkan
pengembangan adalah proses atau cara yang dilakukan untuk mengembangkan suatu
menjadi baik atau sempurna.
Kalau digabungkan penelitian dan
pengembangan dapat diartikan bahwa suatu
kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan
secara sistematis dan objektif yangdisertai dengan kegiatan pengembangan suatu
produk untuk memecahkan suatu persoalan
yang dihadapi. Sugiono (2011) juga mengatakan penelitian pengembangan
merupakan metode penelitian yang dugunakan untuk menghasilkan produk tertentu
dan menguji keefektifan produk tersebut. Secara garis besar penelitian
pengembangan dimulai dengan penelitian dalam skala kecil yang bisa dalam bentuk
pengumpulan data terhadap permasalahan yang dihadapi dan ingin mencari
solusinya (Sumarno, 2012).
Dari penelitian hasil awal itu
dijadikan acuan untuk melakukan sebuah produk. Pada proses pengembangan,
peneliti tetap melakukan observasi dari perancang produk tersebut di lapangan. Maka dapat dikatakan penelitian pengembangan mencakup
evaluasi, sumatif, dan konfirmatif. Akker (1999) menyatakan bahwa penelitian pengembangan
telah digunakan untuk merujuk berbagai jenis pendekatan penelitian yang
dikaitkan dengan pekerjaan desain dan pengembangan.
Menurut Akker (1999) tujuan dari penelitian pengembangan dibedakan
menjadi:
1. Bagian
kurikulum
Menginformasikan
proses pengambilan keputusan sepanjang pengembangan suatu produk/program
untuk meningkatkan produk menjadi
berkembang dan produk tersebut
berkembang untuk menciptakan berbagai hal dari jenis ini pada situasi ke depan.
2. Bagi
teknologi dan media
Meningkatkan
rancangan petunjuk, pengembangan, dan evaluasi yang didasarkan pada situasi
pemecahan masalah.
3. Bagi
pelajaran dan petunjuk (intruksi)
Untuk
pengembangan rancangan dalam lingkungan pembelajaran, perumusan kurikulum,
penaksiran keberhasilan dari pengamatan dan pelajaran.
4. Bagi
pendidikan guru
Untuk
guru bemberikan kontribusi pembelajaran keprofesionalan para guru atau untuk
penyempurnaan pada bidang pendidikan.
Jenis
penelitian yang utama pada penelitian pengembangan (Akker,1999) antara lain:
1. Penelitian
formatif
Kegiatan
penelitian ketika melakukan keseluruhan proses pengembangan intervensi yang
spesifik mulai dari penyelidikan belajar atau evaluas belajar (summatif dan
formatif), untuk mengoptimalkan mutu penggujian prinsip-prinsip rancangan.
2. Studi
rekontruksi
Analisis
penelitian yang menyelenggarakan proses pengembangan beberapa bertanyaan
tentang spesifikasi prinsip-prinsip rancangan.
Dalam
penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk dalam bidang pendidikan,
administrasi dan sosial lainnya masih sangat rendah. Padahal banyak produk yang
bisa dihasilkan dari penelitian dan pengembangan. Pada kesempatan ini diberikan
contoh metode penelitian dan pengembangan yang dapat digunakan untuk penelitian
sosial, khususnya pendidikan.
B. Langkah-langkah penelitian dan
pengembangan
1. Potensi dan Masalah
2. Mengumpulkan Informasi
3. Desain Produk
4.Validasi Desain
5. Perbaikan Desain
6. Uji Coba Produk
7. Revisi Produk
8. Uji Coba Pemakaian
9. Revisi Produk
10. Pembuatan Produk Masal
11. Laporan Penelitian R&D
SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN R&D
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABLE
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
D.
Manfaat
BAB II. LANDASAN TEORI, KERANGKA
BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A.
Deskripsi Teori
B.
Kerangka Berpikir
C.
Hipotesis (produk
yang akan dihasilkan)
BAB III. PROSEDUR PENELITIAN
A.
Langkah-Langkah
Penelitian
B.
Metode Penelitian Tahap
I
1.
Populasi sampel
sumber data
2.
Teknik Pengumpulan
Data
3.
Instrumen
Penelitian
4.
Analisis Data
5.
Perencanaan Desain
Produk
6.
Validasi Desain
C.
Metode Penelitian
Tahap II
1.
Model Rancangan
Eksperimen untuk Menguji Produk yang telah dirancang
2.
Populasi dan
Sampel
3.
Teknik Pengumpulan
Data
4.
Instrumen Penelitian
5.
Teknik Analisis
Data
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Desain Awal Produk
(gambar dan penjelasan)
B.
Hasil Pengujian
Pertama
C.
Revisi Produk
(gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
D.
Hasil Pengujian
Tahap II
E.
Revisi Produk
(gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
F.
Penyempurnaan
produk
G.
Pembahasan Produk
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
PENGGUNAANNYA
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Penggunaannya
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK YANG DIHASILKANBERIKUT
BUKU PENJELASANNYA
Contoh Judul penelitian R&D
1.
Pengembangan
Pembelajaran dengan Mendayagunakan Anak Yang Cerdas di Kelas VIII Pada SMPN 19
Kota Bengkulu
2.
Pengembangan
Sistem Manajemen Pendidikan Berbasis Kemajuan
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda